Sambut Keluarga Baru, FTK ITS Adakan Gathering Session Maba Angkatan 2016
06 September 2016 12:54:45
   
 

Semangat Arek - arek FTK ITS kembali berguncang. Setelah tahun lalu berjalan sukses, tahun ini dengan konsep yang baru, Gathering Session FTK 2016 kembali diselenggarakan, Rabu (31/08). Acara yang berlangsung di Gedung Laboratorium Rekayasa Forensik ITS itu berlangsung ramai dengan nuansa yang sederhana dan berbeda dari periode periode sebelumnya.

 

Tak hanya dihadiri oleh mahasiswa, para dosen pun juga ikut antusias. Terbukti dengan hadirnya Dekan dan Ketua Jurusan (Kajur) dari keempat jurusan. Turut hadir pada acara tersebut antara lain : Prof. Daniel M. Rosyid, Ph.D selaku Dekan FTK ITS, Sutopo Purwono Fitri, Ph.D selaku Wakil Dekan FTK ITS, Wasis Dwi Aryawan, Ph.D (Kajur Teknik Perkapalan), Dr. Eng. M. Badrus Z (Kajur Teknik Sistem Perkapalan) Dr. Eng. Rudi Walujo Prastianto (Kajur Teknik Kelautan), serta Ir. Tri Acmadi, Ph.D (Kajur Transportasi Laut),

Sebelum para mahasiswa baru FTK 2016 menuju tempat Gathering Session 2016, mereka terlebih dahulu berkumpul didepan Jurusan Teknik Sistem Perkapalan untuk menyanyikan Mars FTK bersama. Yang kemudian berjalan kaki menuju Lab. Forensik. Didalam gedung sendiri sudah berkibar empat bendera raksasa masing masing jurusan dan juga tak ketinggalan bendera BEM FTK. Acara yang digelar siang hari itu, dibuka dengan sambutan oleh Dekan, kemudian dilanjutkan dengan intermezzo dari masing masing Ketua Jurusan. Dan juga sharing session ditengah tengah acara. Kesempatan ini tak disia siakan oleh peserta Gathering Session untuk menambah pengetahuan dan untuk memotivasi diri. Beragam pertanyaan pun keluar. Mulai dari pertanyaan seputar sejarah FTK, isu pembentukan jurusan baru, hingga pertanyaan seputar kemaritiman Indonesia.

Salah satu maba FTK memberikan pertanyaan berikut “Pak, apakah benar FTK ITS akan membuka jurusan baru yaitu Jurusan Penerbangan Maritim, dan Jurusan Otomasi Kapal? Lantas mau di tempatkan dimana pak, sedangkan Fakultas kita saja sempit? Kemudian untuk penerbangan maritim itu maksudnya bagaimana, apa kapal yang tiba tiba bisa terbang atau seperti apa?”, ujar salah seorang mahasiwa baru FTK 2016. Pertanyaan tersebut lantas dijawab oleh Prof Daniel, “Untuk pembukaan jurusan baru itu memang sangat dimungkinkan, tapi tidak dalam jangka waktu dekat ini. Karena kita tahu kebutuhan teknologi maritime Negara kita semakin beragam. Untuk penerbangan maritim sendiri dasarnya adalah sebuah pesawat terbang yang bisa juga mendarat dan digunakan di air khususnya dilaut, atau biasa dikenal dengan Hydrofoil. Bukan kapal yang tiba tiba terbang.” Jawabnya dengan sedikit tersenyum. Pertanyaan yang keluar memang sangat berhubungan dengan keadaan ITS saat ini. Berdasarkan informasi yang beredar, di ITS sendiri akan terjadi perombakan dan pengelompokan jurusan jurusan yang ada, termasuk isu pembentukan jurusan jurusan baru, baik dalam waktu dekat atau termasuk dalam rencana jangka panjang.

Agenda tahunan yang diselenggarakan oleh BEM FTK itu memang selalu mempunyai daya tarik sendiri tiap tahunnya bagi seluruh arek arek FTK. Pasalnya selain mengobati rindu untuk sekedar bertemu dan mengumandangkan mars FTK bersama selain di acara DIES NATALIS ITS, melainkan juga bisa bersapa dan mengenal adik adik baru FTK 2016. Sedangkan bagi para dosen, acara seperti ini merupakan kesempatan yang penting untuk memberikan wejangan kepada mahasiswa baru agar bersemangat menempuh pendidikan di jurusan masing masing, di FTK, dan khususnya di ITS.

Kemudian acara diakhiri dengan pesan singkat dari Bapak Prof. Daniel kepada seluruh mahasiswa FTK, “FTK ITS itu nomor satu di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Kalo nomor satunya saja tidur, mau jadi apa yang nomor dua, tiga, dan seterusnya. Oleh karena itu mari wujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Sedangkan FTK ITS itu poros maritim Indonesia. Berarti mari jadikan FTK ITS poros maritim dunia”.

< Berita sebelumnya | Berita Selanjutnya >