Semarak Pembukaan Dies Natalis ITS ke 56 Ala Kontingen FTK ITS
15 September 2016 13:19:46
   
 

Geliat semarak perayaan Dies Natalis ITS sebentar lagi akan terasa. Hegemoni pendukung dari fakultas-fakultas hingga birokrasi pun akan segera pecah turut meramaikan. Pasalnya, usai meluncurkan logo Dies Natalis ITS ke 56 pada bulan Agustus lalu, Jumat (9/9) telah dilakukan upacara pembukaan secara resmi oleh Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD.

(Jumat 09 September 2016 : 06.00). Berkumpul di Graha ITS, Kontingen FTK ITS yang terdiri Para Sekjur, Perwakilan Dosen dan Tendik, Mahasiswa Baru Angkatan 2016 serta Himpunan Mahasiswa di Lingkungan FTK ITS telah bersiap mengikuti parade defile dalam rangka Upacara Pembukaan Dies Natalis ITS Ke 56. Dipimpin langsung oleh Sutopo Purwono Fitri, S.T., M.Eng., Ph.D selaku Wakil Dekan FTK, rombongan bergerak menuju Stadion ITS.
Sepanjang perjalanan dari Taman Alumni hingga menuju Stadion ramai suara mahasiswa dari masing masing jurusan yang meneriakkan yel yel.

Di stadion rombongan disambut oleh Para Pimpinan, Senat Akademik, Ketua Jurusan di lingkungan ITS serta sejumlah tamu undangan, kemudian masing masing kontingen defile yang terdiri dari seluruh unit kerja dan biro di lingkungan ITS berbaris rapi di lapangan stadion sesuai posisi yang telah ditentukan agar upacara dapat segera dimulai.

Sambutan pertama disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Joni Hermana, MSc.ES selaku Rektor ITS. Dalam sambutannya, Joni mengimbau kepada seluruh sivitas akademika ITS untuk turut menyebar keutamaan. Sesuai dengan tagline dari Dies Natalis tahun ini, ia ingin agar semua elemen mampu berprestasi dalam segala hal. "Tapi tujuan utamanya adalah bagaimana kita bisa memberikan keutamaan yang kita miliki kepada orang lain," terang peraih gelar doktor di University of Newcastle, Inggris ini.

Disebabkan akan ada banyak sekali agenda yang melibatkan semua sivitas hingga november nanti, Joni berharap semuanya bisa tetap stabil. Baik kompetisi di bidang seni, olahraga, maupun budaya. Ia mengatakan ikutilah dengan tetap berpegang pada prinsip utama yakni menyebar keutamaan. "Jangan ciderai keutamaan yang sudah kita miliki selama 56 tahun oleh sikap-sikap yang tidak terpuji. Saya percaya kalian mampu menjaga kepercayaan, kekompakkan, dan nama baik ITS," harapnya.

Sambutan kedua diampaikan oleh Hamzah Fansyuri, Ph.D selaku Ketua Panitia juga menjelaskan masa depan bangsa Indonesia bertaruh pada perilaku pemuda intelektualnya. Menurutnya, mahasiswa menentukan orientasi bangsa dan kemana pergerakannya. "Kalianlah mahasiswa baru ITS 2016 yang akan menjadi penggerak membawa keutamaan kepada bangsa Indonesia, ujar dosen Jurusan Kimia FMIPA ini. Salah satu indikatornya, lanjutnya, bisa dilihat dari institusi pendidikannya sehingga perlu dilakukan pembenahan secara terus menerus.

Setelah beberapa sambutan tersebut acara dilanjutkan oleh pelepasan balon serta pengibaran bendera Dies 56 ITS sebagai tanda dimulainya secara resmi rangkaian acara hari ulang tahun ITS tersebut. Di akhir acara, para peserta disuguhkan oleh beberapa penampilan atraksi drum band dari Victory Sepuluh Nopember Marching Band, Drum Band AAL. Acara berakhir pada pukul 09.30 WIB

< Berita sebelumnya | Berita Selanjutnya >