Empat Mahasiswa FTK Raih ClassNK Award
11 November 2014 14:22:46
   
 

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) patut berbangga hati. Pasalnya, empat mahasiswa Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) menyabet penghargaan ClassNK Award dari dari salah satu perusahaan di bidang klasifikasi kapal terbesar, yakni ClassNK, Senin (10/11). Penghargaan ini merupakan satu-satunya award yang diberikan ClassNK kepada universitas di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, penghargaan ini diberikan tiap tahun kepada Mahasiswa FTK ITS yang berprestasi

 
Penghargaan ini cukup spesial. Pasalnya, ia diberikan bersamaan dengan Hari Pahlawan dan Dies Natalis ITS ke-54. Tidak hanya itu, penghargaan ini pun merupakan kali ketiga yang diberikan ClassNK kepada ITS. Secara khusus, Chairman dan President ClassNK, Noburo Ueda hadir sebagai perwakilan untuk memberi penghargaan bagi mahasiswa FTK ITS. Sementara pihak ITS diwakili oleh Prof Ir Tri Yogi Yuwono DEA, Rektor ITS.

Keempat mahasiswa yang menerima penghargaan tersebut, di antaranya Riyan Afif Al Ihsan dari Jurusan Teknik Teknik Kelautan sebagai juara I. Posisi kedua ditempati Muhammad Habib Chusnul Fikri dari Jurusan Teknik Sistem Perkapalan. Sementara itu, peringkat ketiga diraih Farinda Cezarizka Rahmita dari Jurusan Teknik Perkapalan. Terakhir, Intifada Fikri Muhammad dari Jurusan Teknik kelautan.

Dalam penghargaan ini Muhammad Habib Chusnul Fikri tidak dapat hadir dalam penyerahan penghargaan ini dikarenakan menghadiri The International Symposium of Maritime Sciences (ISMS) 2014 di Universitas Kobe Jepang. Akhirnya penghargaan ini secara simbolik diwakilkan oleh Ketua Jurusan (Kajur) Teknik Sistem Perkapalan Dr Eng Ir A A Masroeri, M Eng.

Ditemui usai acara, Riyan Afif Al Ihsan mengaku senang karena mendapat penghargaan ini. Meskipun awalnya ia tidak yakin akan mendapatkannya. ''Saya lega bisa mendapatkan penghargaan ini, karena semua serba mendadak, hanya tujuh hari pemberitahuannya,'' ungkapnya.

Mahasiswa yang akrab disapa Riyan ini menjelaskan kiat-kiat untuk mendapatkan penghargaan bergengsi di FTK ini, para mahasiswa harus sering-sering mangasah kemampuan dalam menulis Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang menjadi salah satu penilaian. Paper yang menjadi syarat dalam penghargaan ClassNK ini ditulis dengan menggunakan bahasa Inggris. Bahkan presentasinya pun menggunakan bahasa Inggris. Menurut Riyan, mahasiswa FTK harus lebih memperhatikan sistematika penulisan KTI yang masih kurang mumpuni. Namun, dalam teknik presentasi Mahasiswa FTK ia akui sangat bagus
< Berita sebelumnya | Berita Selanjutnya >