Workshop Asuransi dan Pembiayaan Kapal Jurusan Sistem Transportasi Laut FTK ITS
19 November 2014 10:02:25
   
 

Jurusan Transportasi Laut ITS mendapatkan kunjungan dari Wahyu Aryawan ST, staf Marine Underwriter PT Asuransi Central Asia atau lebih sering disebut dengan ACA. Dalam kunjungan yang dikemas dalam konteks workshop pembiayaan dan asuransi kapal itu, ia membagikan pengalamannya yang telah lama berkecimpung di bidang asuransi.

 
Dalam workshop yang digelar pada Jumat (14/11) tersebut, Wahyu memberikan gambaran serta motivasi kepada para mahasiswa Jurusan Transportasi laut. Ia menjelaskan bahwa ada empat risiko dalam konsep yang diterapkan dalam asuransi. Pertama adalah risk prevention yang berarti asuransi mencegah risiko. Kedua adalah risk elimination atau menghilangkan risiko. Ketiga adalah risk retention. Terakhir ada risk transfer atau memindahkan risiko ke pihak lain, dalam hal ini adalah penyedia jasa asuransi.

Alumnus Jurusan Transportasi Laut tersebut juga membahas tentang pemilik kapal yang telah mengasuransikan pindah kepemilikan. "Asuransi tidak berlaku lagi. Bila si pemilik kapal yang baru ingin mengasuransikan di perusahaan asuransi yang sama, ia harus membatalkan asuransi yang sebelumnya. Setelah itu baru bisa mengasuransikan kapalnya," tutur Ketua Himpunan Mahasiswa Transportasi Laut tersebut.

Di kasus lain, ketika orang yang mengasuransikan meninggal dunia, apakah asuransi kapal masih berlaku ataukah tidak? Menurut Wahyu, jika pemiliknya adalah perseorangan, ahli warisnya bisa melanjutkan. Apabila pemiliknya perusahaan, petinggi perusahaan yang lain bisa menggantikannya dan asuransi masih berlaku untuk keduanya.

Namun, pada dasarnya tak semua barang bisa diasuransikan. Hanya barang-barang yang dapat dinilai dengan uang, kejadian yang tidak pasti, risiko murni serta tidak melawan kepentingan umum. Jadi, semisal ada seseorang yang mau mengajukan asuransui atas kerusakan barang dibuat-buat, perusahaan penyedia asuransi tidak akan menerima permintaan tersebut
< Berita sebelumnya | Berita Selanjutnya >